Categories

Sabtu, 02 April 2011

What is CSS code ?


Pengertian dan perintah Dasar CSS

CSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheet. Kode CSS ini hampir terdapat di seluruh bagian dari template blog Anda. Ada pun fungsi dari CSS adalah untuk mempercantik sebuah halaman web, termasuk blog. CSS dapat bekerja secara maksimal jika tidak ada kesalahan dalam mengetik atau menambahkan kode CSS ke dalam template blog Anda. Jika terdapat kesalahan, baik dalam menambahkan atau mengedit tampilan blog, maka dapat dipastikan blog Anda akan menjadi berantakan.

Sebenarny, untuk menjadikan blog Anda indah dan cantik, Anda tak perlu mendalami pengetahuan tentang kode CSS karena kode CSS ini akan bekerja maksimal dengan sistem kode yang disebut mark up language, seperti kode HTML, XHTML, dan XML. Namun, mempelajari dasar-dasar kode CSS dapat membantu Anda dalam mengedit template blog sehingga terlihat cantik dan menarik. Pengetahuan dasar tentang kode CSS akan membantu Anda, nantinya, dalam mempelajari dan mempraktikan ke hal yang lainnya.

Kode CSS tak jauh berbeda dengan kode HTML. Perintah dasar dari kode CSS hampir sama dengan kode HTML yang diawali dengan kode pembuka dan kode penutup. Jika tidak, tempalte tidak dapat di-parse atau disimpan pada halaman template blog Anda. Ciri dari kode CSS adalah dapat ditambahkan atau digunakan langsung untuk mengedit dari template blog Anda. Misalnya, jika Anda ingin menuliskan tulisan “My First Blog” dengan warna merah, maka kode yang membuat warna merah itulah yang disebut sebagai CSS. Sebagai contoh, jika saya menuliskan kode warna merah dengan kalimat “Aku sayang Kamu selamanya” pada posting, maka kodenya adalah sebagai berikut.

<span style=”color: rbg(255, 0, 0); font-weight:bold;”>Aku sayang Kamu selamanya</span>

Pada kode diatas, terdapat kode yang dipertebal, yaitu color: rbg(255, 0, 0); font-weight:bold; kode inilah yang dinamakan dengan CSS. Adapun fungsi dari kode tersebut adalah untuk mempertebal dan memberikan warna merah pada kalimat “Aku sayang Kamu selamanya”.

Sekian Posting dari saya, bila ada tambahan pasti saya langsung Update...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar